Semakin Berlalu



Jum’at, 7 Oktober 2016

Waktu terasa semakin berlalu tinggalkan cerita tentang kita
Akan tiada lagi kini tawamu tuk hapuskan semua sepi di hati
Ada cerita tentang aku dan dia
Dari kita bersama saat dulu kala
Ada cerita tentang masa yang indah
Saat kita berduka saat kita tertawa

Aduh, lagunya bikin baper yah? Manusia memang makhluq yang cepet baper dengan sesuatu yang berbau perasaan, ya termasuk aku. 


Aku sampai bisa baper seperti ini ceritanya ketika lagi nyantai di flatku (apartemen) sambil lihat suasana luar lewat jendela. Ya, memandang pemandangan Kairo dengan rumah susunnya. Rumahku sendiri berada di lantai 3, lebih mendingan dari pada yang tinggal di lantai 5 atau lebih – terutama bagi orang baru yang adaptasi dengan rumah susun, kalau naik ke lantai 5 saat sudah ngantuk itu mendingan tidur di tangga, ndak usah nerusin perjalanan ke rumah. Hhh – Lha pas lagi nyantai, musik di Hp ku tak puter, kebeneran tepat lagu Peterpan ini.  

Jadi inget deh, masa-masa dulu saat masih berada di tanah air tercinta. Ketika di rumah bersama keluarga, kala di sekolah bersama kawan-kawan, dan di pondok bersama para ustadz, temen-temen pengurus yang kocak, adek-adek yang imut-imut,  dan tentunya banyak kenangan lain.
Baytii Jannatii, 2 kata yang tepat untuk menggambarkan 18 tahun bersama keluarga di Indonesia. Rumahku adalah surgaku. Karena jika bayti jaarii jannatii (rumah tetanggaku surgaku), berarti rumahku neraka? Kan ndak mau, hhh trus  ndak sesuai lagu dong. Em, ngomong-ngomong, masih ingat ndak lagunya? Ok nyanyi sama-sama deh

Oh sungguh bahagia, hidup bersama keluarga
(yang bagian ini aku lupa, hehe.. langsung ke bawahnya aja yah)
Rukun damai sejahtera
(lupa lagi, maaf yah… habis ini ndak akan lupa lagi)
Walau rumahku sederhana tapi bersih tertib dan rapi
Wajah anak-anak ceria
Sehat dan menyenangkan hati
Kami semua beriman dan taat pada tuhan
Rumah kami penuh berkah
Hingga kami betah di rumah
Rumahku itulah surgaku di dunia
Oh…. Sungguh bahagia 

Lagu tersebut juga bikin baper. Hua hua hua,,, ya, sangat benar jika orang-orang mengatakan rumah adalah tempat paling tepat untuk mengadukan sedih kita, tempat kembali menghangatkan suasana diri, tempat yang diselimuti cinta. Di rumah ada sosok yang bisa buat kita nyaman tentunya. Siapa lagi kalo bukan keluarga. 
 
Sore hari menjelang maghrib di desaku saat nyantai dan dengerin suara Qiroah Muammar yang di puter di masjid-masjid adalah sore paling nentremin. Kangen dengerin lagi saat sore. Sore di Kairo adalah sore yang padat kegiatan dan aktifitas. Jadi, aku melewati sore di Kairo terasa sangat cepat. Juga tak ada pemandangan sunset. Adanya matahari udah ilang, tapi suasanaya masih cukup terang. Ndak kayak di rumah. di rumah juga ndak ada sunset sih,, hehe

Sedangkan 6 tahun di pondok adalah masa-masa untukku membentuk karakter, mental, ilmu, dan masih banyak lagi. Saat masih kelas MI dulu, akulah yang paling ganteng,,,,,,, akhlaqnya, hehe ndaklah. Saat itu aku masih pendiem banget, kayak gravitasi bumi deh pokoknya. 

Nangis saat awal mondok adalah kenangan yang masuk salah satu nominasi kenangan terindah. Hua hua hua. Jangan diketawain lah!! Tapi aku pilih-pilih tempat kalo mau nangis, yang jelas ndak sembarang tempat. Kayak di WC, saat lampu mati, dan pernah saat sholat. Hhh. Yang aneh itu aku juga bingung kenapa aku bisa nangis. Jika alasannya jauh dari ibu, aku juga pernah kemah berhari-hari *iya deh, 3 hari emang* toh ndak nangis. Jika alasannya keadaan pondok yang tidak sesuai dengan kondisiku, itu malah lebih lucu. Sebab jujur lebih enak di pondok. Selain lebih adem dari pada di rumah, airnya juga tawar. Kalau dirumah kan asin sekali – masakan ibu. 

Mulai dari makan bareng nampanan, mandi bareng, nadhoman bareng, belajar bareng, preet, sepak bola bareng, sepak bola sendirian ya namanya ndak sepak bola, dan semua yang bareng-bareng lainnya. Hal-hal yang paling disukai anak pondok adalah ketika hari libur, ketika kegiatan libur, ketika keamanan libur hehe, dan ketika makan libur….. eh yang makan ndak lah. 

Waah, aku juga kangen banget ketika jajan bareng malam jum’at sama temen-temen pengurus. Sama Rokhim, Agung, Kanip, dan yang lain. Paling sering ke warung ‘Family’ yang tempatnya tepat di samping jalan dan nempel pada lapangan utama Bugel. Disana kami guyon-guyon bareng melepas lelah sambil nonton TV. Atau kalau ndak Family ya warung ‘Klambu Ijo’. Kalau yang ini tempatnya disamping masjid Bugel. Tapi yang jelas ibarat suatu kewajiban saat malam untuk keluar jajan, Tapi kalo lagi ndak bokek alias ndak kanker (Kantong Kering) hehe. Tapi kayaknya lebih banyak kankernya deh…..hhh. Tapi yang jelas aku pengen banget ngerasain jajan malam jum’at lagi.

Yang tak kalah seru saat di pondok adalah kenangan saat roan (kerja bakti). Ya, saat roan adalah saat-saat yang mengenang banget. And mengapa? Ya tentunya karena lingkungan jadi bersih lah *alasan yang masuk akal yah* juga karena kami bisa olahraga,, kan bikin tubuh jadi sehat .. *masih ngeles*. Alasan yang paling bener itu, jangan keras-keras loh.. sebab santri cewek dan cowok sama-sama lagi roan. Udah paham kan? Hehe tapi aku ini orang baik

Atau kenangan di pagi hari saat anak-anak pondok pergi sekolah. Ya, saat itulah ke-error-anku dan temen-temen dimulai. Aku, Agung, Farid, Arwan dengan kocaknya beraksi. Cuaca yang cerah, keadaan perut yang sudah bisa diajak kompromi, dan dengan suasana hati yang gembira, kami  mulai nyanyi-nyanyi yang tak beraturan dengan pengiring suara manual (klotean) yang tak beraturan juga. Apalagi kalo gilanya udah muncak, kita pake atribut aneh seadanya, dan langsung jogat-joget gila. Hahaha ….. bahkan terkadang sempat terlintas di benak kami, kenapa kami bisa se-error gitu yah? wkwkwk

Itu kenangan kocak …. Kenangan sedih atau menyakitkan juga ada lah,,,

Mulai jatuh dari tempat tidur, jatuh dari jalan ke lubang yang sama dua kali,  padahal seorang muslim jangan sampai jatuh kedalam lubang yang sama dua kali. Kecuali yang kedua ndak sengaja, lalu jatuh dari hati *jatuh hati kelees*, digosokin temen-temen sampe nangis, eh maksudnya ‘di gasakin’.
Itu kenangan sedih saat masih kecil. Kenangan sedih saat sudah besar beda lagi,, rasanya pun juga beda. Di hati ada kayak nyesek-nyeseknya gitu deh, hhh. Cuma ndak bisa aku critain disini sebab udah masuk kategori privat ini, hehe. Tapi karena aku akung sama kalian, aku akan bocorin sedikit. Tapi kalian yang baca harus janji untuk tidak diceritakan kepada siapapun, OK!
.
.
.
.
.
Apalagi kalau bukan kisah cinta. Hhh. Benernya, untuk masalah cinta, ndak terlalu buat aku baper sih. Ya, biasa saja lah *week*. Layaknya manusia pada umumnya, aku juga pernah ngerasain cinta *hais-hais*, namun aku tak pernah sakit hati gara-gara cinta, kalau nyakitin sih sering. Salah satunya adalah aku pernah nyakitin cewek saat masih di sekolah. Dan itulah kenangan yang selalu aku ingat-ingat hingga sekarang. Ceritanya begini, saat aku masih jadi ketua IPNU, ada cewek yang deketin aku. Dia adalah salah satu anggota OSIS juga. Suatu hari dia memberiku secarik kertas, dengan wajah penuh harapnya, ia berusaha meyakinkanku untuk melakukan sesuatu dari isi kertas tersebut. Namun merasa gak penting, langsung ku kembalikan kertas tersebut sambil ngucapin, “Jangan ngasih ini lagi, aku udah muak sama sikapmu yang kayak gini!” padanya.  *galak banget* harusnya wanita itu kan disayang yaah!!! Tulang rusukmu ada disana!!!

Keesokan harinya aku denger kabar kalau dia sakit. Aku merasa sangat bersalah. Kenapa kemaren aku ndak mau bantu dia ngerjain tugas buatin laporan IPNU. Kemaren aku agak emosi gara-gara dia sering ndak sungguh-sungguh kalau ngerjain tugas. Akhirnya sesekali aku perlakukan dia seperti itu. Aku tidak menyangka kalau ternyata dia akhirnya mungkin buat laporan sendirian sampai larut malam dan akhirnya kecapean, bahkan sampai sakit. Aduh, aku nyesel sekali udah nyakitin dia. Hiks hiks hiks

Hingga kenangan bersama keluarga saat ngobrol bareng sambil mengemasi barang-barangku kedalam koper. Ya, saat terakhir yang bisa ku rasakan sebelum berangkat ke Kairo. Itulah saat-saat yang paling indah. Se-keluarga bersama men-fokuskan segala urusan untuk mempersiapkan keberangkatanku. Sedang diriku membayangkan apakah aku kan siap dengan semua ini. Hidup sendiri. Terpisah oleh laut dan pulau. Merenung, bersedih, sambil berusaha menguatkan diri untuk semua itu. 

Yah, itulah kenangan-kenangan indah yang mengiringi lagu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar